PENGINAPAN DI PANTAI INDRAYANTI DSK

kamar2-walet-300x225

Begitu sampai di Pantai Indrayanti, saat liburan Lebaran awal pekan ini, agenda penting saya adalah menengok penginapan di sekitar kawasan itu.  Saya mengalami sulitnya mencari informasi soal penginapan di pantai ini ketika merencanakan liburan.  Di internet ditulis bahwa pantai ini memiliki sejumlah resto, cafe dan penginapan.  Sayangnya tidak ada nomor kontak reservasi atau setidaknya nama penginapan sebagai referensi untuk mengetikkan kata kunci.  Siapa tahu ada pengunjung yang menuliskan pengalamannya.

Unit di Walet GH

Unit di Walet GH

gerbang Walet GH

gerbang Walet GH

Walet Guest House saya dapatkan informasinya dari pengelola situs wisata www.yogyes.com.  Saya mendapatkan kontak Pak Hartono, pengelola Walet GH.  Semula saya pikir pengelolaan Walet GH sama dengan pengelola Resto Indrayanti dan Omah Suket (ada yang menyebutnya sebagai “Omah Keong” saat saya bertanya di Twitter.  Ternyata berbeda, meski lokasi kedua penginapan ini persis berseberangan.  Di Walet GH ada 13 kamar, enam diantaranya di deretan depan.  Bentuknya rumah panggung terbuat dari dinding anyaman bambu yang dilapisi tirai kain di sebelah dalam.  Masing-masing kamar dilengkapi dengan kasur tidur ukuran 120 cm dua buah, colokan listrik, kipas angin, teras yang nyaman, serta kamar mandi dan WC jongkok yang bersih.

deretan kamar Walet GH

deretan kamar Walet GH

masuk ke unit di Walet GH

masuk ke unit di Walet GH

Di dalam Walet GH

Di dalam Walet GH

Toilet dan Kamar Mandi Walet GH

Toilet dan Kamar Mandi Walet GH

Penyewa juga mendapatkan dua lembar handuk bersih, dua lembar kain batik untuk selimut atau sarungan, serta satu termos besar air panas untuk menyeduh kopi dan teh.  Disediakan empat cangkir, karena memang setiap kamar bisa ditempati empat orang.  Saat libur Lebaran ini tarif kamar adalah Rp 500.000 per malam, tergolong paling mahal di kawasan itu. Setiap tambahan orang lebih dari empat, akan dikenakan Rp 20.000/orang

minuman untuk penyewa Walet GH

minuman untuk penyewa Walet GH

Resto Dapur Walet

Resto Dapur Walet

Tarif di hari-hari normal bukan liburan panjang Rp 400.000 per malam. Tidak ada pesawat televisi di kamar.  Buat saya tidak masalah, karena kami banyak habiskan waktu di luar, menikmati pantai dan suasana alam.  Malam hari istirahat, atau makan malam di resto yang ada, atau mendengarkan musik dan membaca buku.  Kalau Darrel, anak saya, sudah jelas: main game di tablet;-).  Bangun pagi di saat Subuh, sudah ada Ibu-Ibu yang menawarkan arem-arem hangat, bakpao dan lumpia goreng untuk sarapan.  Kita juga bisa memesan dari resto Dapur Walet yang letaknya di bagian depan penginapan ini.  Resto menyediakan beragam menu mulai dari ikan bakar, nasi goreng, mie goreng, beragam jus buah dan makanan ringan lain.  Halaman parkir cukup luas untuk menampung mobil di depan unit.  Ada lahan kecil untuk bermain anak di depan.  Di bagian belakang ada unit-unit yang dilengkapi pendingin dan televisi.  Kalau saya tetap lebih memilih yang di depan, karena pandangan ke arah jalanan yang ramai, di seberang pantai.  Penginapan dikelola apik dan bersih.  Reccomended.   No kontak reservasi tertera di sini:

kontak reservasi Walet GH

kontak reservasi Walet GH

Untuk reservasi Omah Suket bisa menghubungi pengelola Restoran Indrayanti di nomor 0821-352-55558, 0817-279-545.  hanya ada tiga unit kamar di sini.

Agak ke Timur, 200an meter sejajar dengan Restoran Indrayanti, ada penginaman Joglo Watu Kelir.  Penginapan ini belum lama VigRX Plus beroperasi.  Ada empat unit, dengan tarif kamar Rp 400.000 per malam saat libur panjang.  Di saat normal termasuk akhir pekan, tarifnya boleh jadi lebih murah.  Perlengkapan dalam kamar berukuran 3 x 3 meter persegi mirip dengan Walet GH.  Bedanya, Joglo Watu Kelir menyediakan pesawat televisi di dalam kamar.  Penginapan ini juga bersisian dengan resto Joglo Watu Kelir yang menyediakan beragam makanan, meski tidak sebesar Restoran Indrayanti dan Dapur Walet.

Joglo Watu Kelir

Joglo Watu Kelir

di dalam Joglo Watu Kelir

di dalam Joglo Watu Kelir

toilet Joglo Watu Kelir

toilet Joglo Watu Kelir

No kontak reservasi di 0819-0404-4481 dan 0823-2737-7377.  Catatan, di area Pantai Indrayanti dan sekitarnya sinyal telepon seluler nyaris tidak ada , kecuali untuk provider Telkomsel.  Pindahkan ke 2G untuk mendapatkan sinyal Telkomsel yang agak stabil.  Ini bukan blog berbayar yaaa, supaya siap-siap kartu ini kalau ke sana agar bisa tetap berkomunikasi 😉

Kian besarnya perhatian pengunjung terhadap pantai-pantai indah di kawasan Gunung Kidul, dan sukses Pantai Indrayanti menarik wisatawan rupanya membuat gairah bisnis penginapan tumbuh.  Polanya adalah mendirikan resto, yang dilengkapi penginapan.  Tarifnya mulai dari Rp 150.000 sampai yang termahal adalah Rp 700.000.   Griya Kusuma Bamboo Lengkung yang letaknya agak berhadapan dengan Joglo Watu Kelir, menyediakan kamar seharga Rp 700.000 per malam yang bisa menampung 6-8 orang.  Di setiap kamar ada dua lembar kasur ukuran besar, toilet dan televisi.  Halaman parkir mobil sangat luas. No kontak reservasinya adadalah0813-2637-1994 dan 0813-9281-4301. Penginapan ini  mengambil bentuk rumah panggung dengan atap dilapisi rumbia.

Griya Kusuma Bamboo

Griya Kusuma Bamboo

dua kasur besar di Griya Kusuma

dua kasur besar di Griya Kusuma

Fasilitas di Griya Kusuma

Fasilitas di Griya Kusuma

toilet duduk di Griya Kusuma

toilet duduk di Griya Kusuma

Ke arah barat, menuju kawasan Pantai Sundak yang berjarak sekitar 700 meter dari Pantai Indrayanti ada beberapa penginapan.  Ada yang lokasinya dekat di pinggir pantai, misalnya di Pantai Sumandeng, 400 meter dari Indrayanti.  Bangunan seolah berlantai dua, bentuk rumah panggung.  Bagian atas untuk kamar tidur, bagian bawahnya untuk gazebo tempat duduk-duduk menikmati debur ombak.  Di Cemara Indah, Pantai Sumandeng, ada dua unit di pinggir pantai dan sekitar 10 kamar di sisi jalan raya.  Kamar mandi dan toilet terpisah di luar kamar-kamar itu.  Tarifnya Rp 300.000 an saat liburan panjang. Reservasi di no 0877-342-98000 dan 0878-394-23466

Penginapan di Pantai Sumandeng, GK

Penginapan di Pantai Sumandeng, GK

Penginapan Cemara Indah

Penginapan Cemara Indah

 

Cemara Indah di Pantai Sumendang

Cemara Indah di Pantai Sumendang

Karena sebelumnya membayangkan sebuah kawasan yang masih belum dikelola dengan baik, maka saya membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk menginap.  Termasuk handuk.  Ternyata rata-rata menyediakan.  Peralatan mandi seperti sabun juga ada.  Kalau lupa bawa sikat gigi sementara penginapan tidak menyediakan, banyak warung yang buka hampir sepanjang malam.

Pusat keramaian memang di kawasan Pantai Indrayanti.  Jalanan dilengkapi lampu sehingga lumayan terang.  Begitu juga pantainya.  ke arah barat dan timur, jalanan mulai gelap gulita di malam hari.  Suasana sangat sepi.

Saya sih berharap suasana tetap tentram seperti sekarang dan tidak menjadi terlalu ramai seperti di Kuta.  Kalau ada yang perlu dilengkapi oleh Pemda Kabupaten Gunung Kidul untuk menambah kenyamanan pengunjung, ya lampu-lampu jalan yang cukup sehingga kawasan itu kelihatan “hidup” di malam hari #end.

 

 

 

24 comments

  1. mav,,,saya dari pengelola penginapan bamboo lengkung,,minta tolong,,bisa di edit untuk informasi penginapan griya kusuma bamboo lengkung nya??
    kita sudah berganti manajemen,,dengan nama bamboo lengkung (tidak dengan nama griya kusuma).
    dan untuk reservasi, bisa menghubungi no kontak : 081392814301 dan 085200264888 (firzadi anhar dan lanang indrajati),,,selain no kontak tersebut sudah tidak terpakai,,terimakasih kepada adminnya…

  2. mav,,,saya dari pengelola penginapan bamboo lengkung,,minta tolong,,bisa di edit untuk informasi penginapan griya kusuma bamboo lengkung nya??
    kita sudah berganti manajemen,,dengan nama bamboo lengkung (tidak dengan nama griya kusuma).
    dan untuk reservasi, bisa menghubungi no kontak : 081392814301 dan 085200264888 (firzadi anhar dan lanang indrajati),,,selain no kontak tersebut sudah tidak terpakai,,terimakasih kepada adminnya…

  3. kepada pembaca setia yang ingin reservasi silakan menghubungi no kontak 081392814301 dan 085200264888 (firzadi anhar dan lanang indrajati) – terimakasih untuk admin dan pembaca..

  4. kepada pembaca setia yang ingin reservasi silakan menghubungi no kontak 081392814301 dan 085200264888 (firzadi anhar dan lanang indrajati) – terimakasih untuk admin dan pembaca..

  5. penginapan 1hari berapa

  6. penginapan 1hari berapa

  7. Permisi pak admin, saya mw numpang promo penginapan, Rock Garden homestay & Resto, tempatnya di jalan raya pantai sundak indrayanti, kami ada 6 kamar dan 1 rumah harga mulai 200.000 sampai 650.000, untuk fasilitas fan, tv, kamar mandi dalam, dan untuk fasilitas rumah ada ruang santai untuk keluarga.
    Reservasi: 082 225 317 339 ( eko )
    Terimakasih pak admin

  8. Permisi pak admin, saya mw numpang promo penginapan, Rock Garden homestay & Resto, tempatnya di jalan raya pantai sundak indrayanti, kami ada 6 kamar dan 1 rumah harga mulai 200.000 sampai 650.000, untuk fasilitas fan, tv, kamar mandi dalam, dan untuk fasilitas rumah ada ruang santai untuk keluarga.
    Reservasi: 082 225 317 339 ( eko )
    Terimakasih pak admin

  9. mau nanya hotel yg meghadap ke pantai dong om admin makasihh

  10. mau nanya hotel yg meghadap ke pantai dong om admin makasihh

  11. Maaf Bapak admin…itu no contact walet tdk bisa dihubungi semuanya…apa ada info no yg bs dihubungi…terima kasih sebelumnya

  12. Maaf Bapak admin…itu no contact walet tdk bisa dihubungi semuanya…apa ada info no yg bs dihubungi…terima kasih sebelumnya

  13. Temukan berbagai trik dan tips buat dapetin diskon untuk pemesanan hotel hingga 75% , dapatkan hanya di http://www.rahasiadiskonhotel.info

  14. Temukan berbagai trik dan tips buat dapetin diskon untuk pemesanan hotel hingga 75% , dapatkan hanya di http://www.rahasiadiskonhotel.info

  15. trims gan informasinya bermanfaat..

  16. trims gan informasinya bermanfaat..

  17. makin banyak potensi potensi pantai yang indah ddan makin beraneka wisata keragaman pantai
    http://www.wisatabonex.com

  18. makin banyak potensi potensi pantai yang indah ddan makin beraneka wisata keragaman pantai
    http://www.wisatabonex.com

  19. mohon info penginapan daerah deket pantai yg harga y murah donk 200rb kebawah ada ga ya 🙂

  20. mohon info penginapan daerah deket pantai yg harga y murah donk 200rb kebawah ada ga ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*