HomeBukuMOSSAD, Badan Intelijen Israel (1)

MOSSAD, Badan Intelijen Israel (1)

 

Mossad-cover

SUDAH lebih dari enam bulan buku mengenai badan intelijen Israel, Mossad, tersimpan di rak buku saya. Baru di libur panjang Imlek ini, 31 Januari – 1 Februari 2014, buku mengenai badan telik sandi yang legendaris itu sempat saya baca. Alhamdulillah, sampai selesai.

Judul bukunya cukup menarik: The Greatest Missions of The Israeli Secret Service. MOSSAD. Michael Bar-Zohar and Nissim Mishal. Buku ini tebalnya 302 + xi, diterbitkan oleh Harper Collins Publishers, New York.

Buku ini, menurut saya, layak Anda baca. Setelah membaca buku ini kita akan tahu, kalau Israel sekarang ini menjadi negara yang kuat, itu antara lain berkat dukungan lembaga intelijennya yang terus-menerus bekerja penuh pengabdian demi menjaga negara.

Membaca buku MOSSAD seolah menonton bioskop. Berbagai operasi para intelijennya dipaparkan dengan rinci, baik yang gagal maupun yang berhasil. Medan pertempuran para agen sebagian besar di negara-negara Timur Tengah, seperti Yordania,  Suriah, Iran, dan Irak.

Di Amazon.com, buku Mossad yang gres bisa didapat dengan harga US$ 23,96. Edisi yang bekas harganya cuma US$ 12,99. Bila Anda ingin membaca gratisnya juga bisa, tapi tidak utuh. Silakan klik http://www.amazon.com/Mossad-Greatest-Missions-Israeli-Service/dp/0062123408. Di situ Anda bisa membaca sebagian naskah MOSSAD. Cuma, yang terakhir ini tidak mengizinkan kita menyimpan gambarnya.

Presiden Israel sejak 2007, Shimon Peres, menilai buku ini layak dibaca. ”Buku ini memberi tahu bahwa kekuatan tersembunyi Cialis Online Israel adalah seperkasa kekuatan fisiknya yang mengagumkan,” katanya di halaman belakang sampul buku. Yang dimaksud kekuatan tersembunyi, alias tidak kasat mata adalah lembaga telik sandi negara, MOSSAD.

Selama beberapa puluh tahun, Mossad diakui secara luas sebagai lembaga intelijen terbaik di jagad. Sebagai negara  Yahudi yang terkurung di antara negara-negara Islam di Timur Tengah, Israel memang terus-menerus memasang rambu waspada. Negara yang dipelototi dengan ekstra keras adalah Iran plus Suriah.

Kedua negara itu, menurut buku MOSSAD ini, menggandeng Korea Utara untuk mengembangkan teknologi nuklirnya. Inilah yang mengundang kekhawatiran Israel. Maka Israel pun mengirim telik sandinya untuk menyelidiki apakah Suriah dan Iran betul-betul mengembangkan teknologi nuklir.

Dengan operasi penyusupan, akhirnya MOSSAD bisa membuktikan bahwa Suriah betul-betul mengembangkan teknologi nuklir. Operasi penghancuran terhadap reaktor nuklir Swedia itu pun dimulai. Reaktor nuklirnya dibom.

Michael bar zohar

Michael Bar-Zohar

Buku MOSSAD ditulis oleh Michael Bar-Zohar dan Nissim Mishal. Nissim Mishal adalah wartawan televisi terkemuka di Israel Adapun Michael Bar-Zohar punya profesi lengkap. Ia wartawan, novelis, politikus. Bar-Zohar,  lahir di Bulgaria 72 tahun lalu.

Namun, buku bagus ini tak lepas dari kekurangan. Setelah buku ini terbit, muncul tuduhan : buku ini karya plagiat. Kisah agen Mossad, termasuk nama-nama samaran, kok ndilalah sama dengan tulisan karya wartawan Israel, Ronan Bergman. Sebagai hukumannya, Bar-Zohar dan Nissim Mishal harus membayar sejumlah ganti rugi.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *