HomeUncategorizedKEBUN RAYA DI SETIAP PROPINSI TURUNKAN EMISI

KEBUN RAYA DI SETIAP PROPINSI TURUNKAN EMISI

#100HariJokowiJK #Hari42

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar tak merasa terbebani dengan penggabungan kedua kementerian. Foto oleh sitinurbaya.com
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar tak merasa terbebani dengan penggabungan kedua kementerian. Foto oleh sitinurbaya.com

Untuk mendukung lingkungan berkelanjutan, Presiden Jokowi perintahkan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan bangun kebun raya di setiap propinsi.

 Hampir setiap hari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, merampungkan rapat terakhir pukul 23.00 wib.  Banyak yang mengantre untuk ditangani.  Yang paling mendesak tentu adalah struktur penggabungan dua kementerian yang kini dipimpinnya.  Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunggu hasil penggabungan, tanggal 11 Desember 2014.  Ini yang membuat Menteri Siti Nurbaya tidak hadir mewakili pemerintah Indonesia di acara konperensi puncak perubahan iklim (UNFCCC, COP 20) di Lima, Peru, yang berlangsung 1-12 Desember ini.

Posisi ketua delegasi Indonesia akan dipegang oleh Rachmat Witoelar, ketua Dewan Perubahan Iklim, yang juga mantan menteri lingkungan hidup.  Rachmat Witoelar adalah ketua COP 13, yaitu konperensi puncak perubahan iklim di Bali, tahun 2007.  Arena COP sudah seperti playing ground bagi Rachmat Witoelar.  Selasa malam lalu (1/12), saya mendapat kesempatan mengikuti rapat persiapan terakhir delegasi Indonesia ke COP 20 bersama Rachmat Witoelar dan Menteri Siti.

Rapat yang menarik, kasual dan intens.  Menteri Siti bercerita kesibukannya, juga upayanya mengenali tugas pokok kementerian yang dikelolanya dalam satu bulan pertama.  Pernah, seharian dia rapat nonstop sembilan jam dengan ratusan stake-holders, terutama dari penggiat lembaga swadaya masyarakat di sektor lingkungan dan kehutanan.  “Ribuan pesan pendek masuk ke nomor telpon seluler saya.  Pengaduan.  Informasi.  Saya teruskan ke staf untuk dicek.  Sebagian benar, lho,” kata Menteri Siti.

Nomor telepon anggota Kabinet Kerja Presiden Jokowi memang dipublikasikan via media yang memperolehnya dari daftar yang tersebar secara viral.  Ada menteri yang berkeluh-kesah karena ponselnya dibanjiri ribuan pesan.  Menteri Siti termasuk yang mengambil hikmahnya. “Saya bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Baca selengkapnya

rappler_logo

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *