HomeUncategorizedHEBOH TIGA TAHUN SWASEMBADA PANGAN

HEBOH TIGA TAHUN SWASEMBADA PANGAN

Blog 100 Hari Jokowi JK #Hari51

Petani sedang bertani di desa Gentasari, Cilacap, Jawa Tengah. Foto oleh Romeo Gacad/AFP
Petani sedang bertani di desa Gentasari, Cilacap, Jawa Tengah. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

Jika target tak tercapai, Presiden Jokowi siap mengganti menteri yang bertanggung jawab. Problemnya lintas sektor. Solusinya?

Ini masa-masa seru di kantor konsultan sipil, menyongsong kegiatan pembangunan irigasi, bendung, dan bendungan, yang akan dilaksanakan tahun 2015. Semuanya dilakukan demi satu tujuan, yakni swasembada pangan.

Anda mungkin sudah mendengar, pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla punya target ambisius untuk berswasembada pangan. Ada lima bahan pangan utama yang ditargetkan, yakni beras, jagung, kedelai, gula, dan daging sapi. Beras, terutama, harus tercapai swasembadanya dalam waktu tiga tahun. Bila target swasembada tidak tercapai, Menteri Pertanian Amran Sulaiman bakal dicopot.

Untuk pelaksanaan swasembada ini, Jokowi-JK akan menggelontorkan duit cukup besar, yakni Rp 15 triliun, untuk membangun irigasi jutaan hektar. Perbaikan irigasi akan difokuskan di 11 provinsi penghasil pangan.

Sewaktu memberi kuliah umum di Balai Senat Balairung Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa 9 Desember lalu, Jokowi mengulangi lagi ihwal targetnya..

Baca selengkapnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *