HomeUncategorizedCALON KAPOLRI PILIHAN JOKOWI JADI TERSANGKA

CALON KAPOLRI PILIHAN JOKOWI JADI TERSANGKA

#100HariJokowiJK  #Hari70
Calon tunggal Kapolri Budi Gunawan. Foto oleh Wikimedia
Calon tunggal Kapolri Budi Gunawan. Foto oleh Wikimedia

KPK menetapkan Budi Gunawan, calon tunggal Kapolri, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.  Sebuah tamparan keras bagi pemerintahan Jokowi.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo tak menampik dugaan bahwa dirinya menyodorkan Komisaris Jendral (Pol) sebagai calon tunggal Kapolri, adakah karena unsur kedekatan.  “Lha, Masak saya pilih yang jauh?”, demikian kata Jokowi kepada media yang meliput kunjunganya ke PT PAL, Sabtu (10/1).  Jokowi mengatakan dirinya sudah menimbang masak-masak pencalonan Budi Gunawan, dan berharap hal itu tidak menjadi polemik. “Sudah dari kompolnas.  Hak prerogatif saya pakai, saya pilih,” kata Jokowi di kesempatan yang sama.

Jadi, di atas kertas, yang tersurat, jawaban Jokowi di atas harus dijadikan pegangan mengapa dia memilih menyodorkan Budi Gunawan, kendati banyak kritik dan keberatan. Kritik yang kencang adalah soal dugaan Budi Gunawan terkait dengan  kasus rekening “gendut”.  Kritik lain adalah soal apakah Budi Gunawan, yang pernah menjadi ajudan Presiden Megawati Sukarnoputri, melanggar etika karena diduga terlibat dalam penyusunan visi dan misi Jokowi saat proses pemilihan presiden 2014.  Informasi ini disampaikan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Trimedya Panjaitan.

Saat Pilpres, Budi Gunawan didapati bertemu dengan Trimedya dan komisioner Komisi Pemilihan Umum Hadar Gumay di sebuah restoran.  Tapi, Wakapolri Badrodin Haiti membantah ada yang salah dengan pertemuan itu.  Kemarin, saya menulis Kontroversi Kapolri Pilihan Jokowi (kasi link).

Kalimat penutup saya adalah, “Apa jadinya bila kepala Polri tidak sehati dengan Presiden?”

Kompolnas mengatakan, Jokowi terkesan ingin buru-buru mengganti Sutarman dan mengusulkan calon pengganti.  Kompolnas menyodorkan lima nama. Jokowi memilih satu nama.

Baca selengkapnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *