HomeUncategorizedPernyataan PSHK Atas Sikap Presiden Jokowi terkait KPK vs Polri

Pernyataan PSHK Atas Sikap Presiden Jokowi terkait KPK vs Polri

Pernyataan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Terhadap Sikap Presiden Joko Widodo

“Tak Sekedar Batalkan BG, Jokowi Harus Hentikan Kriminalisasi terhadap KPK”

Langkah Presiden Joko Widodo untuk membatalkan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai calon Kapolri tidak cukup dan tidak menyelesaikan masalah. Apabila sekadar membatalkan pencalonan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, bukankah hal tersebut bisa diambil jauh-jauh hari sebelum kekisruhan ini semakin meluas?

Presiden Joko Widodo seharusnya bisa bersikap tegas untuk menghentikan semua tindakan kriminalisasi terhadap KPK. Sikap Presiden untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pelaksana Tugas Pimpinan KPK adalah langkah yang justru melegitimasi dan membiarkan tindakan kriminalisasi terhadap KPK.

Dengan menerbitkan Perppu, Presiden Joko Widodo sama saja menyatakan bahwa rangkaian penetapan tersangka terhadap Komisioner dan penyidik KPK adalah penegakan hukum biasa, bukan tindakan kriminalisasi yang sistematis.

Sikap Presiden yang memilih untuk memberhentikan sementara pimpinan KPK dan bukan menghentikan kriminalisasi, menunjukkan tidak berpihaknya Presiden kepada gerakan pemberantasan korupsi yang sedang dilumpuhkan dari berbagai sisi.

KPK harus terus bergerak memberantas korupsi. Kami mendesak KPK untuk melanjutkan kasus Budi Gunawan dan dengan kasus-kasus tindak pidana korupsi lain yang sedang ditangani oleh KPK.

Kontak:
Miko Ginting (087822626362)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
Jusman SD: Atasi Calo di Bandara, Kog Solusinya Tutup Konter Tiket?
Next post
Solusi Presiden Jokowi Rawan Interpelasi

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *