HomeUncategorizedPEKERJAAN RUMAH DI HARI PEREMPUAN SEDUNIA

PEKERJAAN RUMAH DI HARI PEREMPUAN SEDUNIA

Di Indonesia, setiap jam 28 perempuan alami kekerasan. Presiden Jokowi mengangkat delapan menteri perempuan di kabinetnya, bagaimana rapor di bidang 10 Agenda Politik Perempuan?

Berapa biaya yang harus ditanggung dunia jika lalai melibatkan perempuan dalam pembangunan?

Banyak kajian, beragam data. Dalam kasus Indonesia, dengan jumlah penduduk perempuan hampir sama dengan penduduk laki-laki, gagal membuka kesempatan di segala bidang bagi perempuan, termasuk bidang ekonomi, artinya menafikan separuh dari sumberdaya manusia. Dalam sebuah pidato yang disampaikan di depan pertemuan eksekutif puncak negara anggota APEC, di Vladivostok, Rusia tahun 2012, Hillary Clinton menyampaikan bahwa Bank Dunia dan berbagai lembaga memperkirakan bahwa pembatasan partisipasi perempuan dalam kegiatan ekonomi membuat negara-negara anggota APEC, organisasi kerjasama ekonomi Asia Pasifik. kehilangan potensi pendapatan bruto nasional senilai USS 40 Miliar dolar per tahun.

Saya menyaksikan langsung pidato Hillary Clinton, saat itu menteri luar negeri Amerika Serikat. Ruangan acara di kampus Far Eastern University di Russky Island itu penuh sesak. Saya duduk di tangga di sela-sela kursi untuk dapat posisi lumayan memotret Hillary. Banyak perempuan kepala eksekutif maupun pendiri dan pewaris korporasi hadir di sana, sebagaimana setiap perhelatan APEC CEO Summit. Tentu saja, jumlahnya jauh di bawah peserta laki-laki.

Hillary Clinton mengungkapkan studi yang menyatakan bahwa lebih dari 70 persen perusahaan di ekonomi yang berkembang di Asia, belum menempatkan perempuan di posisi kunci di dewan direksi.

Baca Selengkapnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *