HomeUncategorizedWNI Pendukung ISIS Tersebar di 10 Kota Indonesia

WNI Pendukung ISIS Tersebar di 10 Kota Indonesia

screen-shot-2015-03-19-at-6.19.51-pm

Pemerintah membuka wacana mencabut paspor WNI yang keluar negeri untuk bergabung dengan ISIS.

Badan Intelijen Negara (BIN) tengah menelisik dugaan keterlibatan Chep Hermawan dalam kasus ditangkapnya 16 warga negara Indonesia (WNI) oleh otoritas Turki. Menurut Kepala BIN Marciano Norman, 16 WNI itu melakukan perjalanan lewat biro wisata Smailing Tour pada 24 Februari 2015. Mereka dikabarkan menggunakan uang pribadi.

Chep Hermawan, yang memiliki nama asli Cecep Hernawan, adalah mantan Presiden kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia.

Polisi menangkap Chep bersama 6 orang lainnya di Cilacap, Jawa Tengah, pada 12 Agustus 2014. Menurut Marciano, BIN melakukan pendalaman atas dugaan bahwa Chep berperan mengirim WNI bergabung dengan ISIS. BIN mendata, sampai saat ini ada lebih dari 500 WNI pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia telah mengonfirmasi identitas ke-16 WNI yang tertangkap di Turki. Mereka bukanlah rombongan yang menghilangkan diri dan dicari-cari selama dua minggu ini.

“Kita lakukan pendalaman soal motivasi mereka,” kata Marciano, awal pekan ini.

Sebelumnya, Kemenlu mengatakan bahwa 16 orang yang ditahan di Gaziantep, Turki, bukan merupakan yang 16 memisahkan diri beberapa waktu lalu.

Baca selengkapnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *