HomeUncategorizedKoleksi Seragam Militer Jokowi

Koleksi Seragam Militer Jokowi

Seragam militer yang digunakan Jokowi dan TNI diproduksi oleh perusahaan yang juga memproduksi seragam untuk 29 negara lain.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggunakan seragam militer ketika bertemu dengan Ketua Pengurus Pusat Muhamadiyah Din Syamsuddin dan pengurus Aisyiah. Foto dari Setkab.go.id
Presiden Joko “Jokowi” Widodo menggunakan seragam militer ketika bertemu dengan Ketua Pengurus Pusat Muhamadiyah Din Syamsuddin dan pengurus Aisyiah. Foto dari Setkab.go.id

Minggu ini keriuhan di ranah media sosial dipicu oleh diskusi soal Presiden Joko “Jokowi” Widodo menggunakan seragam militer saat bertemu dengan Ketua Pengurus Pusat Muhamadiyah Din Syamsuddin dan pengurus Aisyiah, sayap perempuan organisasi Islam itu (16/6). Pertemuan berlangsung di Istana, sore hari. Presiden Jokowi tak sempat menukar seragam militer itu. Sebelum menemui rombongan yang dipimpin Din, Jokowi baru saja tiba dari Baturaja, Sumatera Selatan, menyaksikan latihan perang TNI AD. Karena tamunya sudah menunggu cukup lama, sekitar 1 jam, Jokowi tak sempat ganti baju.

Seragam yang digunakan Jokowi saat bertemu pengurus Muhamadiyah dan Aisyiah adalah seragam yang biasa digunakan pasukan Komando Cadangan Strategis TNI AD, lengkap dengan baret hijaunya. Memang agak aneh, karena baru kali ini seorang Presiden mengenakan seragam militer di Istana, apalagi dalam acara pertemuan dengan masyarakat sipil. Jokowi pun dari masyarakat sipil. Ini yang memicu kritik. Sebelumnya, Jokowi juga menggunakan seragam militer TNI saat diangkat sebagai warga kehormatan TNI, 16 April 2015.

Sudah banyak yang mengkritik kebiasaan Jokowi menggunakan seragam militer. Mulai dari politisi Partai Demokrat Rachland Nasidik (@ranabaja) sampai pakar militer Dr Salim Said. Tapi saya ingin menyoroti penampilan Jokowi dalam seragam militer itu dari sisi lain. Siapa yang membuat seragam militer itu?

Baca selengkapnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *