HomeUncategorizedRAPBN 2016 Harus Dorong Pertumbuhan Berkualitas

RAPBN 2016 Harus Dorong Pertumbuhan Berkualitas

Perlu ada reward and punishment untuk rendahnya serapan anggaran, karena itu menjadi kunci mendorong pertumbuhan ekonomi. Keep buying strategy menjadi penting.

Foto dari @info_senator/Twitter
Foto dari @info_senator/Twitter

Hari ini Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara 2016. Jokowi akan berada seharian di gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat di kawasan Senayan. Pagi hari acara siding paripurna MPR diisi ketua lembaga tertinggi dan tinggi negara, yaitu MPR, Presiden, DPR. Sesudah shalat Jum’at, Presiden akan menyampaikan Nota Keuangan/RAPBN 2016.

Ini kali pertama pemerintahan Jokowi menyusun sepenuhnya RAPBN. Selama setahun pertama, Jokowi menjalankan APBN 2015 yang disusun pada awalnya oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di tengah jalan, saat Jokowi sudah menjabat presiden, ada APBN-Perubahan, yang terutama memberikan persetujuan atas pengalihan dana untuk pembangunan infrastruktur dan jaminan kesehatan, pendidikan serta bantuan bagi rakyat miskin.

Dalam APBN-P 2015 ada ruang fiskal yang cukup untuk modal Jokowi menjalankan setahun pertama pemerintahan. Ruang fiskal itu sebesar Rp 230 Triliun, yang diperoleh dari pemangkasan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Penyusunan RAPBN 2016 dilakukan di tengah ketidakpastian situasi global. “Ketidakpastian lah yang mendorong pelambatan ekonomi dunia. Situasinya tidak menentu, kita perlu cermat mengamati perkembangan situasi dan keputusan kebijakan yang diambil negara lain,” kata Menteri Keuangan Bambang Sumantri Brodjonegoro, Kamis malam (13/8). Devaluasi Yuan terhadap US Dolar yang terjadi pekan ini belum masuk dalam perhitungan asumsi dalam RAPBN 2016. Pembahasan dengan pihak Dewan Perwakilan Rakyat adalah ruang untuk membahas perkembangan terbaru yang terjadi setiap minggu, bahkan setiap hari.

Pelemahan ekonomi membuat RAPBN 2016 perlu memberikan ruang besar untuk menggenjot belanja masyarakat. Ini bisa dilakukan lewat alokasi anggaran dan penyerapan yang segera untuk proyek infrastruktur dan dana desa. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa sebanyak Rp250 triliun anggaran daerah belum terpakai untuk pembangunan dan masih tersimpan di sejumlah bank. Ini menyebabkan penyerapan anggaran negara terhambat.

“Penyerapan anggaran ini terhambat, tercatat Rp250 Triliun lebih alokasi anggaran di daerah itu masih tersimpan si bank, baik BPD atau pun bank swasta,” kata Tjahjo. Alasan penyerapan rendah adalah kekuatiran pejabat akan risiko hukum. Alasan lain adalah moral hazard, karena menimbun dana di bank memberikan suku bunga yang lumayan tanpa menghasilkan kerja produktif. “Ke depan kita pikirkan reward and punishment bagi daerah. Yang berhasil diberikan insentif tambahan anggaran. Yang lambat, untuk selanjutnya dana diberikan dalam bentuk SUN, atau Surat Utang Negara,” kata Menkeu Bambang.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri melalui akun Twittternya (@ChatibBasri) mengingatkan agar pemerintah waspada akan dampak devaluasi Yuan yang potensial memicu perang mata uang (currency war). “Dalam situasi global yang tidak pasti, sumber pertumbuhan harus bertumpu pada pasar domestik. “Keep buying strategy jadi penting,” kata Chatib.

RAPBN 2016 juga diharapkan lebih memperhatikan kesejahteraan pegawai negeri sipil, tambahan dana jaminan kesehatan. Pertumbuhan ekonomi perlu dikoreksi menjadi lebih realistis, asal berkualitas. Ukuran kualitas pertumbuhan adalah jika pemerintah mampu memperbaiki angka gini ratio, rasio yang bisa menggambarkan tingkat kesenjangan ekonomi dalam sebuah negara. Gini ratio Indonesia masih tergolong buruk, sekitar 0,41. Pelemahan nilai tukar dan penurunan daya beli karena situasi ekonomi dikuatirkan memperburuk gini ratio.

Menteri Keuangan berharap jika pembahasan RAPBN 2016 berjalan lancar, proses lelang proyek pembangunan bisa rampung Januari 2016, sehingga penyerapan anggaran lebih baik dibandingkan tahun ini. “Kita berharap penyerapan anggaran tidak menumpuk di semester II seperti tahun ini,” kata Menkeu Bambang.

Hal yang juga ditunggu adalah asumsi angka-angka makro, terutama berapa nilai tukar terhadap US Dolar yang akan ditetapkan dalam RAPBN 2016. Pekan ini kurs dolar AS menyentuh angka Rp 13.800 di transaksi level perbankan. Bank Indonesia sudah melakukan management stress untuk rentang kurs dolar AS sebesar Rp 13.000-13.400. Berapa kurs yang diumumkan pemerintah dalam asumsi makro akan menjadi rujukan bagi semua pihak untuk menyusun anggaran di semua sektor, pemerintah maupun swastam untuk 2016.

Masalahnya, apakah kurs itu pun bisa jadi rujukan yang valid? “Kurs itu relative value dari satu masa uang ke mata uang lain. Rupiah melemah terhadap Dolar AS, tapi bisa menguat terhadap mata uang lain, misalnya Yen. Bagaimana kita memanfaatkan posisi ini? Itu yang penting,” kata Menkeu Bambang.

Harapan Atas RAPBN 2016 : Perlu stimulus fiskal untuk lapisan bawah.

Pemerintah diharapkan menyusun anggaran yang realistik dan memberikan stimulus lebih bagi rakyat miskin. “Saya berharap stimulus fiskal bukan semata pada belanja infrastruktur, tetapi juga belanja yang bisa menopang kehidupan rakyat lapisah bawah,” kata Profesor Mari Elka Pangestu, guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, saat dikontak Rappler Indonesia, Jumat (14/8).

Mari Pangestu juga mengusulkan pemerintah lebih realistik dalam menyusun angka-angka asumsi makro dalam Rancangan Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Siang ini Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan menyampaikan pidato Kenegaraan Pengantar Nota Keuangan RABPN 2016 di depan sidang MPR, DPR dan DPD. Untuk pertama kalinya RAPBN disusun sepenuhnya oleh Pemerintahan Jokowi.

“Asumsi penerimaan pajak  dan pertumbuhan ekonomi misalnya jangan bertumpu pasa data 2015, karena pasti di bawah itu,” ujar Mari Pangestu yang pernah menjabat menteri perdagangan dan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
Anak Harvard dan Ekonom Senior Gabung Kabinet Kerja
Next post
RAPBN 2016: Dana Revolusi Mental Rp 187,8 Triliun

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *