HomeInspirasiJelang Idul Adha, MUI ingatkan fatwa tentang sampah

Jelang Idul Adha, MUI ingatkan fatwa tentang sampah

Gunakan kantong yang ramah lingkungan untuk bungkus daging kurban

JAKARTA, Indonesia – Ada dua hal yang membuat saya menulis ini, jelang Idul Adha 1438 H yang jatuh pada 1 September 2017. Pertama, soal tambahan produksi sampah. Kedua, soal makanan sisa.

Sebuah diskusi mingguan yang digelar oleh kelompok “Pojok Iklim” pada Rabu, 23 Agustus 2017 lalu, menjadi pengingat. Menyentakkan saya, dan kelihatannya yang hadir juga. Diskusi menghadirkan pembicara Nana Firman, direktur Green Faith, yang berpusat di AS.

 Green Faith adalah sebuah koalisi lintas agama untuk lingkungan hidup. Nana juga seorang pemimpin perubahan iklim dan ikut mendirikan Jaringan Perubahan Iklim Muslim Global (Global Muslim Climate Network).

Nana menceritakan bagaimana dirinya sebagai wakil dari penggiat lingkungan hidup beragama Islam, mencoba menyuarakan peran ajaran agama dalam membangun kesadaran terhadap lingkungan hidup. “Sebagai anggota Green Mosque Committee di AS, saya terlibat ikut membuat Green Masjid Guidelines dan kampanye Green Ramadan setiap tahun,” tutur Nana.

Tahun 2016, Rappler menjadikan Green Ramadan sebagai tema editorial kami selama bulan suci Ramadan, terinspirasi apa yang dilakukan Nana Firman. Di dalamnya termasuk bagaimana kita kurangi konsumsi berlebihan dan makanan sisa, kurangi sampah, serta hemat air dan energi.

Nana menggunakan ayat-ayat di kitab suci Al Qur’an untuk mengajak kepedulian muslim menjaga planet bumi. Baca selengkapnya…

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *