Cuci Mata Melihat Sepatu di Negeri Matador

Industri sepatu di Spanyol bertahan dari krisis. Merek kondang dunia berasal dari negeri ini.

BARCELONA, Spanyol – Negeri yang sedang sibuk menghadapi keinginan merdeka dari penduduk Catalan ini punya segala yang dibutuhkan untuk menarik wisatawan. Spanyol adalah tujuan ideal untuk wisata budaya dan seni, museum, monumen dan tempat bersejarah, pantai, kehidupan malam dan kuliner serta wisata alam. Yang tidak banyak diperhatikan orang, Spanyol adalah tempat yang menggiurkan untuk belanja sepatu.

Saya tertarik menilik industri sepatu di Negeri Matador itu setelah membaca sebuah artikelsebelum saya berkunjung ke sana, pertengahan September 2017. Spanyol melahirkan banyak merek dagang sepatu yang mendunia dan berusia lebih dari satu abad lamanya.

Sebagian besar pembaca kenal merek sepatu super mahal Manolo Blahnik, bukan? Sepatu-sepatu cantik makin melambung karena menjadi koleksi dan obsesi Carrie Bradshaw, karakter utama dalam film Sex in the City yang diperankan aktris Sarah Jessica Parker. Manuel “Manolo” Blahnik Rodriguez CBE pendiri dan desainer merek ini lahir di Spanyol, tepatnya di Santa Cruz de la Palma.

Tentu saja, lebih mudah mencari butiknya di kota besar di AS dan negeri kerajaan di Timur Tengah ketimbang di negeri asal, tapi merek ini bisa ditemui di butik mereka yang berada di Barcelona dan Madrid. Mau lihat bagaimana lekatnya sepatu Manolo Blahnik dengan karakter Carrie Bradshaw? Simak di sini.

Merek high-end lain yang didesain oleh desainer sepatu Spanyol adalah Pura Lopez, yang menjadi langganan keluarga kerajaan dan menjadi bagian dari film yang diproduksi di sana, Pedro Garcia yang diproduksi secara eksklusif di Elda Alicante, kota yang menjadi sumber seniman sepatu, sampai Rebecca Sanver yang juga berasal dari Elda.

Merek 'Camper' baru dipakai sejak tahun 1975, namun pemiliknya telah memulai produksinya tahun 1877. Foto oleh Uni Lubis/Rappler

Merek ‘Camper’ baru dipakai sejak tahun 1975, namun pemiliknya telah memulai produksinya tahun 1877. Foto oleh Uni Lubis/Rappler

Salah satu merek tertua dan menjadi ikon industri sepatu Spanyol adalah Castaner, produsen sepatu perempuan yang membuka toko pertamanya pada 1927… Baca selengkapnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*