HomeEkonomi/BisnisHUT Astra ke-60, Gelar Inspirasi Sehat di Makasar

HUT Astra ke-60, Gelar Inspirasi Sehat di Makasar

Kepala Divisi Humas PT Astra Int Yulian Warman (kedua dari kiri) di acara Inspirasi Sehat Astra ke-60 di Makasar (15/11/2017)

Setelah hampir satu tahun penuh mengadakan kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di berbagai kota di Indonesia, PT Astra International Tbk menyambangi kota Makassar pada 17-19 November 2017 sebagai bagian dari rangkaian HUT 60 Astra dengan mengadakan berbagai kegiatan yang dapat menginspirasi hidup sehat masyarakat.

Di kota di bagian selatan Sulawesi ini, perayaan HUT 60 Astra akan difokuskan pada acara Festival Kesehatan, yang menjadi bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2017. Festival Kesehatan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti, Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis serta Healthpreneur Talkshow.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo didampingi oleh Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan akan membuka rangkaian HUT ke-60 tahun pada hari kedua di Makassar.

Aksi Kesehatan Grup Astra Makassar Untuk Masyarakat

Sebagai kota terakhir yang menutup roadshow HUT 60 Astra, ada sedikit perbedaan dalam perayaan di Makassar. Jika di kota-kota sebelumnya perayaan dilakukan selama 3 hari, di Makassar, sebelum puncak acara pada tanggal 17-19 November 2017, Grup Astra Makassar telah terlebih dahulu melakukan aksi-aksi kesehatan untuk masyarakat.

Aksi kesehatan pre-event ini dilakukan pada 12 November 2017, sekaligus bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. Bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, Grup Astra Makassar mengadakan berbagai kegiatan seperti konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, peduli thalasemia oleh Daihatsu Sales Operation Makassar, pelatihan tenaga parliatif kanker oleh Yayasan Kanker Indonesia dan Fun Walk.

Festival Kesehatan

Selain berupaya menyebarkan inspirasi hidup sehat kepada masyarakat, Festival Kesehatan juga akan diisi dengan Astra Start-Up & Healthpreneur Talkshow (17/11) dan Talkshow Kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (18/11).

Astra Start-Up & Healthpreneur Talkshow menghadirkan pembicara Presiden Direktur Astra Mitra Ventura Jefri R Sirait, Founder Homedika & Klinik Asuransi Sampah dr. Gamal Albinsaid, CEO Lemonilo Shinta Nurfauzia dan Founder “Lucklig & Co” sekaligus Pemenang Astra Start Up Challenge Batch 1 Mariati.

Pada talkshow ini, peserta yang terdiri dari 200 mahasiswa dan 200 anggota komunitas entrepreneur di Makassar juga sekaligus bisa mengikuti Coaching Clinic Astra Start-Up Challenge.

Pada tanggal 18 November 2017, peserta bisa mengikuti Talkshow Kesehatan yang menghadirkan Founder Volunteer Doctors sekaligus Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 kategori Kesehatan, yakni dr. Dani Ferdian, Ketua bidang Kualitas Keluarga OASE KK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes.

Lorong Sehat & Lorong Hijau Rappocini

Bukan hanya talkshow, dalam Festival Kesehatan ini, Astra juga sekaligus akan meresmikan Lorong Sehat & Lorong Hijau di Kampung Berseri Astra (KBA) Rappocini, Makassar. Peresmian Lorong Sehat & Lorong Hijau ini dilakukan oleh Walikota Makassar Ramadhan Pomanto dan Chief of Corporate Finance & Accounting PT Astra International Tbk Endro Wahyono dengan menandatangani prasasti.

Selain itu, pengunjung yang terdiri dari 750 orang juga dapat melakukan pengobatan dan pemeriksaan mata gratis serta mengikuti lomba menghias songkolo bagadang dan permainan tradisional sehat.

Komitmen Astra Untuk Indonesia Sehat

Disaksikan oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes. dan Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi, sekaligus menutup acara pada tanggal 19 November 2017, Astra juga akan menyerahkan apresiasi Astra untuk Indonesia Sehat dan mendeklarasikan Komitmen Astra Untuk Indonesia Sehat.

Pengobatan Gratis

Dilaksanakan di anjungan Pantai Losari, pengunjung bisa menikmati layanan pengobatan gratis di atas kapal Doctor Share. Kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan di atas rumah sakit apung ini tergolong sangat unik dan diharapkan dapat membantu sekitar 500 pasien dengan berbagai kondisi kesehatan dengan pengobatan penyakit ringan, pemeriksaan mata, donor darah, bahkan operasi minor.

Peserta juga bisa mengikuti lomba olahan ikan sehat, senam sehat dan kampanye kesehatan rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sekaligus menikmati Festival 60 UKM produk olahan makanan sehat dan Yoga Festival.

Bedah Buku dan Inspirasi Halte Bersih Astra

Sama seperti kota-kota sebelumnya, sebagai wujud komitmennya untuk sejahtera bersama bangsa, perayaan HUT 60 di Makassar juga diisi dengan bedah buku Astra on Becoming Pride of the Nation.

Bedah buku manajemen kontemporer yang berisi praktik manajemen yang telah mendampingi Astra selama 60 tahun ini diisi oleh Gubernur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo, Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan, Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso dan Pemimpin Redaksi Rappler Uni Lubis.

Selain itu, Astra juga akan merevitalisasi 20 halte di Kota Makassar, sebagai bagian dari pencanangan Inspirasi 600 Halte Bersih di seluruh Indonesia.

Rangkaian HUT 60 Tahun di 5 Kota

Sebelumnya, Astra telah melakukan rangkaian HUT 60 tahun di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dengan Inspirasi 60 Tahun Astra, Yogyakarta dengan kegiatan Hari Bumi, Balikpapan dengan Hari Pendidikan, Surabaya dengan Hari Koperasi dan Medan dengan Hari Lalu Lintas.

HUT 60 tahun Astra di Yogyakarta mengusung tema “Astra Hijau” dengan implementasi “Jambore Adiwiyata” dan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yaitu pada tanggal 28-30 April 2017.

HUT 60 tahun Astra di Balikpapan bertajuk “Astra Cerdas” menghadirkan Festival Pendidikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017.

Tak berhenti sampai di situ, HUT 60 tahun Astra di Surabaya mengusung tema yang tak kalah menarik, yaitu “Astra Kreatif”. Tema tersebut terwujud dalam festival bertajuk “Entrepreneur Fest” dan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2017, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional.

Pada 22-24 September 2017 di Medan, kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra mengadakan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Melalui serangkaian kegiatan IAABL ini, Astra kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Seluruh kegiatan yang dilakukan Astra pada prinsipnya harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
Bagaimana Memberitakan Berperspektif Adil Gender
Next post
ASTRA, Perjalanan Menjadi Kebanggaan Bangsa

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *