HomeEkonomi/BisnisNigeria, Tersingkir di Penyisihan, Juara di Jersey

Nigeria, Tersingkir di Penyisihan, Juara di Jersey

Seragam tim nasional Nigeria dikenakan para model. Sumber: Nike

SEPAKBOLA itu bukan sekadar bagaimana menggocek bola. Di era serba bisnis seperti saat ini, seragam tim menjadi faktor yang bisa mendatangkan keuntungan. Seragam didesain sedemikian rupa. Warna, model, juga jenis bahan, dirancang dengan teliti.

Dalam perhelatan Piala Dunia 2018, di Rusia, hal itu juga terjadi lagi. Tim seperti Brasil tak mau beranjak dari seragam model lamanya, kaos kuning polos dengan celana biru. Jerman menggunakan seragam seperti yang dipakai pada 1990, tatkala Jerman menjadi juara. Sementara Nigeria menggunakan kaos yang mengesankan licin, ada motif getaran, dan bernuansa modern. Motif getaran – sekilas mirip lukisan frekuensi, menurut Nike adalah lukisan sayap elang, yang mengepak dari kiri ke kanan. Tim nasional Nigeria memang berjulukan Tim Elang Super.

Seragam kandang Nigeria habis hanya dalam hitungan menit, sesaat setelah diluncurkan di depan ratusan penggemarnya, di jaringan penjualan Nike di Nike Town, Oxford Street, London.

Nike, produsen jersey Nigeria, menggunakan pemain Arsenal, Alex Iwobi sebagai modelnya. Seragam kandang Nigeria dinobatkan sebagai jersey terbaik Piala Dunia 2018. Sebelum seragam itu diluncurkan, pada awal Juni lalu, Nike sudah menerima 3 juta pesanan.

Nike memang pintar menangkap nuansa yang lagi jadi kesukaan warga Nigeria. Produsen olahraga ini menamai seragam tim nasional Nigeria sebagai Naija. Kata lima huruf itu juga ditorehkan di kaos seragam. Naija adalah kata slang yang lagi jadi tema di kalangan anak muda Nigeria, bermakna ‘’Nigeria Baru’’.Naija juga bisa diartikan sebagai gaya hidup anak muda yang serba cepat dan menyenangkan –gaya hidup anak muda kelas ekonomi menengah ke atas.

Seragam laris manis ini dipakai pertama kali oleh Nigeria dalam pertandingan pemanasan menghadapi Piala Dunia, awal Juni lalu. Nigeria bertanding melawan Inggris di Stadion Wembley. Pertandingan itu dimenangkan Inggris dengan skor 2-1. Gol Inggris dicetak oleh Gary Cahill dan Harry Kane. Pemain Nigeria yang bikin gol adalah Alex Iwobi.

Demikian tingginya permintaan, sampai Nike menulis di toko mayanya: barang habis. Seragam tandang juga laris manis. Demikian pula seragam latihannya, yang polanya mirip dengan seragam kandang. Seragam lain yang juga dijual adalah jaket latihan serta seragam bermotip bunga, untuk jogging.

Keberhasilan Nigeria mencapai putaran final 32 besar di Piala Dunia 2018, di Rusia, sudah mengundang decak kagum. Meski harus tersingkir di babak 32 besar, paling tidak Nigeria mengukir prestasi lainnya: menjuarai desain jerseynya.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *