HomeUncategorizedPERINGKAT KORUPSI MEMBAIK, TAPI TETAP KORUP

PERINGKAT KORUPSI MEMBAIK, TAPI TETAP KORUP

#100HariJokowiJK #Hari40

Ilustrasi Korupsi. Sumber: VIVA.co.id
Ilustrasi Korupsi. Sumber: VIVA.co.id

Jokowi pernah berjanji menerbitkan peraturan presiden pemberantasan korupsi dalam 100 hari pertama menjabat.  Siapa tahu bisa perbaiki posisi Indonesia tahun depan.

Alhamdulillah, peringkat indeks persepsi korupsi (CPI) Indonesia membaik. Transparansi Internasional (TI) yang berkantor pusat di Berlin mengumumkan bahwa tahun 2014, CPI Indonesia di peringkat 107 dari 175 negara. Tahun lalu berada di posisi ke-114 dari 177 negara yang disurvei TI. Membaik dari sisi peringkat, tapi ya tetap tergolong negara yang masih lumayan korup.

Dalam rilis terbarunya itu, Sudan, Korea Utara, dan Somalia menjadi tiga negara paling korup di dunia. Sementara Denmark, Selandia Baru, dan Finlandia adalah negara paling bersih dari korupsi.

Selain itu, hasil survei TI menemukan peningkatan korupsi di Turki, yang peringkat CPI-nya menurun jauh tahun ini. Turki juga menduduki peringkat korupsi paling rendah di antara negara-negara ekonomi baru yang dikenal dengan nama BRIC — Brasil, Rusia, India, dan Cina.

“Korupsi adalah masalah untuk semua negara sehingga pusat-pusat keuangan dunia di Uni Eropa dan AS harus bekerja sama dengan negara-negara yang pesat pertumbuhan ekonominya untuk menghentikan korupsi,” demikian pernyataan Transparansi Internasional, sebagaimana dikutip Kompas (3/12).

Posisi Indonesia jauh berada di bawah Singapura (7), Malaysia, Filipina, dan Thailand (85).. Baca selengkapnya

rappler_logo

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
KONTROVERSI SAWIT INDONESIA
Next post
SKENARIO HARGA BBM DI INDONESIA

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *