HomeUncategorizedSiapa Berpotensi Dieliminasi dari Kabinet Jokowi?

Siapa Berpotensi Dieliminasi dari Kabinet Jokowi?

Kinerja kabinet Jokowi dianggap kurang memuaskan. Sejumlah menteri dikritik, dan diusulkan untuk diganti. Apa kata Menteri Ferry?

KERJA? Presiden Jokowi saat umumkan struktur Kabinet Kerja di Istana Negara pada 26 Oktober 2014. Foto oleh EPA
KERJA? Presiden Jokowi saat umumkan struktur Kabinet Kerja di Istana Negara pada 26 Oktober 2014. Foto oleh EPA

Kabinet Kerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo adalah kabinet koalisi. Partai politik yang mendukung pencalonan Jokowi-Jusuf Kalla saat pemilihan presiden 2014, adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat. Secara tersirat, dalam berbagai kesempatan sebelum pengumuman kabinet, Jokowi mengakui perlunya mengakomodasi parpol pendukung dalam penyusunan kabinetnya.

Begitu juga akomodasi calon dari wapresnya, Jusuf Kalla, dan ini yang penting, Megawati Sukarnoputri sebagai ketua umum PDIP. Publik melihat posisi Megawati di pemerintahan Jokowi bagaikan presiden komisaris dalam sebuah perusahaan, dengan Jokowi sebagai kepala eksekutif, Chief Executive Officer.

Jadi, meminjam istilah kompetisi menyanyi, maka para menteri dari parpol pendukung relatif aman dari eliminasi jika terjadi penggantian (reshuffle) anggota kabinet. Isu ini bergema kian kencang dalam sebulan terakhir, dan memicu keingintahuan publik. Tak kurang dari Presiden Jokowi dan Wapres JK sudah mengomentari isu ini. JK membenarkan bahwa mungkin saja terjadi penggantian anggota kabinet. Jokowi mengelak pertanyaan wartawan dengan meminta media bertanya ke wapres.

Siapa saja yang relatif aman dari eliminasi?

Baca selengkapnya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
Maju Mundur Impor Beras
Next post
TRAUMA KARENA TES KEPERAWANAN DI TNI

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *