HomeUncategorizedTragedi Hercules A-1310 Lampu Merah Modernisasi Alutsista

Tragedi Hercules A-1310 Lampu Merah Modernisasi Alutsista

Riwayat kecelakaan yang melibatkan pesawat militer di Indonesia cukup panjang. Dana menjadi alasan minimnya pemeliharaan?

Pesawat Hercules terlihat di Lanud Iswahyudi di Madiun, Jawa TImur, 21 Mei 2009. Foto oleh Muhammad Ali/EPA
Pesawat Hercules terlihat di Lanud Iswahyudi di Madiun, Jawa TImur, 21 Mei 2009. Foto oleh Muhammad Ali/EPA

“Kalau yang terlalu tua sekali di atas 25 tahun sudah tidak dipakai lagi,” kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono (1/7/2008). Dia merujuk kepada kecelakaan, jatuhnya pesawat Casa N 212-200 milik TNI AU , di dasar jurang, lereng Gunung Salak, pada 26 Juni 2008. Pesawat ditemukan sehari sesudah dilaporkan hilang kontak. Ada 18 penumpang dan kru di pesawat yang mestinya memuat 12 penumpang dan kru. Semua ditemukan tewas. Jenazah awak dan penumpang dilepas dengan upacara militer dan dikebumikan pada tanggal 30 Juni 2008.

Tragedi jatuhnya Hercules C-130 tipe B milik TNI Angkatan Udara dengan nomor registrasi A-1310 di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, kemarin (30/6), mengingatkan Yetti Susilowati kepada musibah yang membuatnya kehilangan suami tercinta, Letnan Kolonel Supriyadi. Almarhum adalah salah satu perwira TNI yang ada dalam pesawat Casa N 212-200 yang jatuh di lereng Gunung Salak itu.

“Maaf perasaan saya nggak karuan, Mbak. Miris, sedih dengan jatuhnya Hercules di Medan,” kata Mbak Yetti, ketika saya kontak kemarin siang. Sebenarnya saya ingin menanyakan kontak kenalan di TNI AU. Rupanya, kemarin Yetti dan keluarga para awak pesawat yang menjadi korban dalam tragedi berkumpul di Bale Bengong Halim Perdana Kusuma, untuk memperingati dan mendoakan keluarga dan teman yang menjadi korban.

Ada banyak keluarga dan kerabat di lingkungan TNI AU yang kehilangan seperti Yetti, dan merasakan haru dan miris yang sama setiap kali terjadi tragedi kecelakaan yang menimpa pesawat TNI AU.

Baca selengkapnya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Previous post
Drama Jelang Reshuffle Kabinet Jokowi
Next post
Presiden Jokowi Resmikan PLTP Kamojang 5

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *