HomeUncategorizedRONDA MALAM DI KANTOR

RONDA MALAM DI KANTOR

Ramadan Journey 2013

Day 4

 

                Seminggu sebelum memasuki  bulan Ramadan, Departemen Human Resource Development alias HRD mengirimkan email ke seluruh jajaran manajer up.  Artinya dari level manajer sampai direksi.  Isinya adalah jadwal tugas sebagai Manager In-Charge (MIC) selama bulan Ramadan.  MIC dirasakan perlu karena selama bulan ini praktis produksi dilakukan sepanjang waktu. 

Di ANTV, misalnya program LIVE sahur dilakukan setiap hari, yakni #SahurnyaPesbukers.  Lalu ada #BlusukanMamahDedeh dari mesjid ke mesjid.  Kalau LIVE siaran berita TOPIK Pagi dan Lensa Olahraga Pagi kan sudah biasa. Nah, mengingat tinggi kegiatan di malam hari, maka mekanisme kontrol melalui fungsi MIC diberlakukan. Di bawah ini adalah tugas, kewajiban dan tanggung-jawab MIC:

1.       Sebagai perwakilan perusahaan untuk memberikan informasi dan menangani permasalahan yang terjadi pada saat jam tugasnya.

2.       Mewakili  manajemen untuk mengontrol kegiatan seluruh karyawan di perusahaan, pada saat jam dia bertugas

3.       Bertanggungjawab sepenuhnya dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan olehnya pada saat jam dia bertugas

4.       Membuat laporan setiap shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya

5.       Mengawasi secara langsung kegiatan on-air

 Wewenang                   

1.       Memantau dan memonitor pelaksanaan setiap program yang tayang

2.       Melakukan koordinasi dengan Bpk/ibu Direksi untuk mengambil keputusan jika terjadi permasalahan.

 

                Sebenarnya semua program sudah ada penanggung-jawabnya.  Begitu pula masing-masing departemen.  Pimpinan di ANTV juga biasa banget masuk malam sampe pagi mengawasi kegiatan produksi. Namanya kerja di perusahaan media, apalagi penyiaran yang siaran 24 jam, masuk malam atau weekend itu wajar. Nggak bikin “terharu” sik ;-).

Saya sepakat bahwa MIC perlu untuk membagi secara rata tanggung jawab mengawasi kegiatan rutin harian selama Ramadan ini.  Bagus juga untuk membangun solidaritas di kalangan pimpinan atas kerja timnya di malam hari.

            Hari ini saya giliran bertugas sebagai MIC.  Tugasnya mulai Pk 21.00 wib sampai besok pagi Pk 06.00 wib. Hm….ngapain ya enaknya?

            Karena mau menginap di kantor, saya tadi mengajak Darrel ke kantor.  Seharian sampai sesudah Isya dia bersama saya, menemani bekerja.  Saat berbuka puasa saya mengundang teman-teman kuliah untuk berbuka puasa di kantor.  Yang hadir Ardi Wirda Mulia, Jasmin Jasin, Dede, Budi P Amir, Okky Danuza.  Lumayan, sambil berbuka puasa kami nostalgia jaman kuliah dan cerita soal anak.  Juga soal kesehatan dan penyakit #halaaah…kelihatan deh kalau udah toku…reuni yang diomongin penyakit hahaha. Ketemu dengan sahabat perlu dilakukan rutin, untuk menjaga silaturahmi dan kesehatan jiwa juga.  Menurut saya lho.  Makanya saya sering pasang status di Blackberry Messenger: family, friends and healthiness. Tiga hal penting dalam hidup.

 Keluarga dan teman sejati akan selalu bersama kita dalam suka dan duka, dalam sehat dan sakit.  Kantor??? Hehe, pengalaman menunjukkan kalau kita sudah tidak produktif, tidak berkerja dengan baik dengan alasan termasuk sakit, ya kantor terpaksa melepas kita juga.  Syukur-syukur teman di kantor bisa jadi teman sejati juga.  Itu namanya anugerah.

Jadi, sore dan malam saya habiskan dengan teman sambil memonitor pekerjaan.  Pukul 21.00 wib, mereka pulang.  Darrel juga sudah pulang dengan sopir.  Saya memulai tugas sebagai MIC alias ronda malam di kantor J.  Pukul 22.00 wib saya keliling area kantor.  Dalam maupun luar.  Kantor kami di Studio ANTV Epicentrum, Komplek Rasuna Said, Jakarta, nggak terlalu besar tapi cukup nyaman.  Letaknya strategis.  Jam segitu rame kog.  Ada yang persiapan Pesbukers.  Ada yang duduk-duduk di taman depan.  Ada yang masih kerja.  Nggak ada masalah sih kayaknya.  Semua nampak happy dan kenyangJ

Kayak petugas ronda saya masuk ke studio Pesbukers, lihat-lihat situasi.  Melewati ruang-ruang editor di bagian belakang.  Beberapa teman sedang sibuk mengedit dalam suasana hening dan dingiiin….kudu pake jaket deh.  Dinginnya menusuk…seperti perasaan mu padaku #eaaaa:p.  Usai ronda saya kembali ke ruangan, memonitor siaran on air ANTV.  Gak ada masalah sih.  Lalu saya baca-baca buku.  Makin tengah malam makin rame, karena para penonton #SahurnyaPesbukers mulai berdatangan.  Untung di lobi kantor ada gerai 7/11 yang buka 24 jam.  Makanan dan minuman gampaaanggg.  Kami semua jadi “anak sepel”.

Ronda keliling saya lakukan tiga malam ini.  Terakhir jam 4 pagi.  Alhamdulillah tidak ada masalah berarti.  Satpam di kantor kali pada “mbatin”, kog Si Ibu gayanya kayak petugas ronda beneran J..Yang bikin senang adalah kesempatan sahur bareng Tim News yang bertugas di Topik Pagi.

Sesudah monitor siaran Topik Pagi dan shalat Subuh, saya siap-siap pulang.  Badan terasa capek dan ngantuuuukkkk.  Kayaknya bakal tidur seharian deh di hari ke-5 Ramadan. #end

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *